Header Ads

Selamat Datang di KarTar Perkab
"KarTar Perkab adalah karang taruna induk yang membina KarTar tingkat dukuh di Desa Blagung"

Pengukuhan Karang Taruna Perkab dan BUMDes Atiyasa Karya

Blagung - Pada awal tahun 2017 ini Desa Blagung memulai babak baru bidang keorganisasian. Pemerintah Desa Blagung secara terbuka dalam waktu yang hampir bersamaan telah mendirikan dua organisasi atau lembaga kemasyarkatan baru yakni Karang Taruna dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Sebenarnya dua organisasi ini telah didirkan pada akhir tahun 2016 dan dilakukan pelantikan pada tahun 2017. Sebagai upaya keseriusahan dan menyambut organisasi - organisasi dilaksanakanlah sosialiasasi yang dikemas dalam acara pengukuhan kartar Perkab dan BUMDes Atiyasa Karya.

Pengukuhan Karang Taruna dan BUMDes

Acara pengukuhan ini dilaksanakan dengan acara yang besar yakni dengan menghadirkan sejumlah tamu undangan. Tamu undangan pada acara ini antara lain dari pihak Kecamatan Simo, Perangkat Desa, Toga, Tomas, Posdaya, PKK, dan Perwakilan dari setiap karang taruna tingkat RT di Desa Blagung.  

Acara pengukuhan dilaksanakan pada hari Minggu 1 Januari 2017 yang dimulai pukul 20.00 - hingga 22.30 di balai Desa Blagung.  Pengukuhan pertama yakni BUMDes Atiyasa Karya yang secara langsung dikukuhkan dan pihak kecamatan. Dilanjutkan dengan pengukuhan dari KarTar perkab. Acara pengukuhan ini ditandai dengan pembacaan ikrar janji sebagai pengurus

Bentuk sosialisasi dikemas dalam orasi KarTar dan orasi BUMDes. Orasi yang pertama yakni dari BUMDes Atiaya Karya oleh Sdr M.N. Aziz selaku ketua dengan memaparkan sejarah pendirian, profil Atiayasa Karya, dan program kerja. Sedangkan orasi dari KarTar Perkab oleh Sdr M. Cahyono dengan menyampaikan dasar pendirian, pengurus, dan profil Perkab.

Pengangkatan Budaya

Salah satu persembahan dalam acara pengukuhan yakni pementasan karya muda mudi desa Blagung pada acara hiburan dan istirahat. Persembahan yang pertama yakni Seni Beladiri oleh Pencak Silat Putra Muhammadiyah Blagung, Tari Tayub dari KarTar Karisma, Tari Saman dari KarTar Ristansari, dan Tari Jaranan dari KarTar Karisma. Sejumlah pementasan ini sebagai upaya kecintaan dalam pelestarian dan memperkenalkan kembali kekayaan budaya daerha mewadahi potensi kepemudaan dalam kegiatan - kegitan formal. 

Melalui pelantikan ini maka sudah secara sah bahwa karang taruna Perkab dan BUMDes Atiyasa Karya sebagai bagian dari organsiasi kemasyarkan terbarukan di Desa Blagung. Babak baru yang akan mewarnai Desa Blagung ini diharapkan dapat lebih memajukan SDM dan isu sosial melalui karang taruna serta sumber pendapatan asli dearah (PAD) baru bagi Desa Blagung. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.