Header Ads

Selamat Datang di KarTar Perkab
"KarTar Perkab adalah karang taruna induk yang membina KarTar tingkat dukuh di Desa Blagung"

Meningkatkan Kontribusi Pemuda Melalui Pelatihan Karang Taruna

Perkab - Karang Taruna sebagai organisasi paling dekat dengan masyarkat memiliki nilai tawar yang sangat tinggi. Karang taruna tidak hanya mampu mengatasi permasalahan sosial tetapi juga dapat menghimpun kepemudaan dalam sejumlah kegiatan yang postif. Potensi pemuda yang berlimpah dan kreatif dapat disatukan melalui karang taruna.

Melalui kegiatan Pelatihan Karang Taruna yang diselengarakan oleh Karang Taruna Perkab Desa Blagung pada 5 Maret 2017 sebagai upaya untuk memebrikan pengatahuan tentang apa itu Karang Taruna. Acara yang dimulai pada pukul 13.00 menghadirkan satu Moderator dan Dua Pamteri. Moderator acara Anita Lestari, aktivis sosial yang banyak terlibat di kegiatan sosial termasuk Kelas Inspirasi Boyolali (KIBoy 1). Selain itu, wanita yang akrab disapa Nita ini juga sudah tidak asing bagi pemuda Desa Blagung karena juga sebagai pembawa acara dan inisiator pada pelatihan blog di Desa Blagung bulan November 2016 lalu.

Joko Narimo, adalah pemateri spesial pada pelaithan karang tauruna ini, Beliau merupakan founder Tumpi Read House Dukuh Karang RT 16, Desa Pentur. Tumpi Read House merupakan pelopor perpustakaan Desa yang ada di Simo. Lebih dari itu, sekarang ini Tumpi Read House telah menjadi Yayasan Tumpi dan memiliki Kampung Blogger. Pengelaman Joko Narimo di Desa yang sudah mengaakar rumput menjadi dasar pemikiranya untuk memberikan inspirasi kepada pemuda pemudi Desa Blagung. Lebih menariknya lagi penyampaian materi dalam bentuk film semakin interakif. 

Agung Prasetyo sebagai salah satu pemuda di Desa Blagung juga dihadrikan sebagai pemateri. Beliau merupakan Pembina Karang Taruna Ristansari. Pengalaman beliau dalam sejumlah kegaitan kemasyarkatan dan pengelolaan karang taruna disampaikan dalam meteri yang dikemas dalam power point. Bahkam materi tersebut dapat di download di blog Karang Taruna Perkab

Hadir juga dalam acara pelatihan ini Danang, sebagai perwakilan dari Simo Sendiko, Beliau hadir menjadi fotografer mengabadikan setiap detik garis sejarah pelatihan karang taruna. Dalam Facebook Simosendiko pun mengapresiasi kegaitan karang taruna Perkab "Acara keren oleh pemuda-pemudi kece ini diharapkan mampu menjadi momentum bagi semangat pemuda untuk membangun generasi melalui organisasi karang taruna tingkat desa".

Materi demi materi disampaikan dalam acara ini. Tata cara mendirikan karang taruna, program kerja, dasar pembentukan karang taruna, admisitrasi  karang taruna, dan tanya jawab terkati permasalahan karang taruna. Diharapakan dengan pelatihan ini dapat menjadi pandangan bagi karang taruna yang belum ada untuk dihidupkan kembali, karang taruna yang sudah ada dapat mencontoh berbagai program dan inovasi yang ditawarkan, dan terus menjaga keberadaan karang taruna ditengah masyarakat. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.