Header Ads

Selamat Datang di KarTar Perkab
"KarTar Perkab adalah karang taruna induk yang membina KarTar tingkat dukuh di Desa Blagung"

Yang Istimewa di Desa Blagung

Perkab - Membicarakan tentang desa tentu kita akan tertuju apa sih istimewanya desa tersebut. Desa Blagung sebagai salah satu Desa di Kecematan Simo Kabupaten Boyolali memiliki sejumlah keunikan dan keistiewaan baik dari sudut pandang Pemerintahan maupun dari kegiatan sosial. Nah sejumlah hal berikut ini yang menjadi ciri Desa Blagung 2017 ini.

1. Karang Taruna Perkab


Tidak semua desa punya karang taruna tingkat Desa lho. Nah Blagung sejak awal tahun 2017 sudah punya karang taruna induk. Tepatnya pembentukan karang taruna desa pada sekitar bulan Desember 2016 mulailah disusun dan selanjutnya bernama Karang Taruna Perkab (Persatuan Karang Taruna Desa Blagung). Potensi kepemudaan yang melimpah di Desa Blagung digabung menjadi satu dan sejumlah kegiatan pun berhasil diadakan seperti pelatihan karang taruna, sosialisasi mitra kambtimas dari Polres Boyolali, nonton film dalam Memperingati Hari Film Nasional dan lain sebagainya. KarTar Perkab juga punya bidang yang lengkap lho.

2. Karang Taruna Dukuh

Nah selain karang taruna Desa, karang taruna tingkat dukuh pun juga ada di Desa Blagung. Dengan kearifanya masing - masing sebagian besar karang taruna dukuh pun secar aktif melakukan kegiatan sosial. Ada yang baksos, memperingati hari kartini, senam pagi, membersihakn mushola dan masjid, hingga menyelengarakan pengajian. Jumlah karnag taruna dukuh mencapai 23 karang taruna dukuh antara lain Hamazatul Fata, Tunas Dahlia, Bakti Ananda, Candrasari, Candramuda, Tanjung Muda, Tali Jiwo, Ristansari, Bina Muda, Iregar, Bina Bakti, Tunas Muda Harpaan Bangsa, Kirana Bhakti, Bina Mandiri, Immijt, Tunas Melati, Harapan Muda, Tunas Muda, Kharisma, Tunas Manunggal, Al-Azhar Wido Sari, Pancasari, dan Detak Muda.  Tidak hanya itu, secar aktif kartar dukuh juga punya blog dan sosmed lho. 

3. Bumdes Atiyasa Karya

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) juga menjadi ciri baru Desa Blagung. Bumdes yang bernama Atiyasa Karya ini didirkan pada Januari 2017 dengan bidang usahanya "pembuatan pupuk organik". Dalam produksi pupuk kompos, BUMDes didampingi langsung oleh BEM Fakultas Pertanian UNS. Lebih dari itu, tidak semua Desa di Simo punya BUMDes sedangkan desa Blagung sudah punya trobosan itu.

4. PKKP Disporapar Boyolali

Desa Blagung memang istimewa. pada tahun 2017 ini Blagung menjadi salah desa yang mendapat pendampingan dari Disporapar Boyolali dari dua desa se Boyolali. Pendampingan ini mengkususkan objeknya pemuda dengan program bernama Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP). Perintisan kepemduaan dalam sektor kewirausahaan sebagai penggerak ekonomi mandiri pemuda dalam mengoptimalkan pembangunan Desa. Kegaitan terbaru yakni inovasi pembuatan lempeng yang diberinanama "Lempegung" (Lempeng Desa Blagung) dengan kelompok usaha bernama Tiga Srikandi. Lempepung nantinya akan dikembangkan untuk menjadi makanan khas Desa Blagung. Pola yang diterapkan yakni dengan mengandeng ibu - ibu sebagai produsenya, selanjutnya produk dikumpulkan menjadi satu merek dan dipasarkan oleh pemuda. 

5. Desa Binaan BEM FP UNS

Pada Hari Minggu, 28 Mei 2017 BEM Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surkarta mengadakan Launching Desa Binaan. Dalam lounching ini juga akan diadakan pelatihan pembuatan pupuk organik padat dengan pamteri Bapak Setiarwan praktisi petani organik. Sejumlah program telah disiapkan oleh BEM FP yakni jembatan pintar dengan mengajak adik untuk belajar bidang sosial, budaya, dan keagamaan. Selain itu akan diadakan advokasi pertanian dan pelatihaan pertanian lanjutan.

6. Taruna Tani Giat Makmur

Mendengar kata taruna tani mungkin terkesan asing. Dari namanya sudah dapat kita simpulakan bahwa taruna itu terkait dengan pemuda dan tani terkait bidang pertanian, jadi taruan tani adalah kelompok petani yang diorganisir oleh pemuda. Taruna tani mencakup bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunaan untuk mengadakan kegiatan - kegiatan pertanian. Tidak harus memakai lahan, pekarangan rumah pun bisa dikelola. Sekretariat taruna tani Giat Makmur ada di Dukuh Tanjung Sari RT 13 Desa Blagung dengan kegiatan penanaman tanaman holti dilingkungan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

7. Kali Cemara

Setiap manusia pasti butuh hiburan kan. Kali Cemara hadir di Desa Blagung melengkapi keunikan Desa dengan adanya taman - taman yang asri. Sungai Cemara yang berada di Tanjung Sari RT 13 Desa Blagung di kelola sedemikian rupa dan menjadi taman yang mempesona. Kali Cemara juga memiliki gardu pandang, plang Kali Cemara, dan Tanggul Belanda. Pada padusan kali ini Kali Cemara dikunjungi oleh puluhan pengunjung lokal yang ingin bermain disungai bersama keluarga dan pengunjung yang ingin berfoto pada spot - spot yang unik.

8. Tapak Suci Putra Muhammadiyah

Badan sehat jiwa pun kuat. Nah Blagung punya perguruan tapak suci yang luar biasa. Tapak Suci Putra Muhammadiyah Blagung yang berada di dukuh Poncowidodo RT 35 Desa Blagung sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Sejumlah prestasi lokal, nasional, hingga asean pun berhasil disabet oleh perguruan ini. Jumlah siswanya pun bervariasi dari anak - anak hingga dewasa dengan peserta baik dari Desa Blagung dan luar Desa Blagung. 

9. Masjid Al Iklhas

Masjid Al Iklhas mungkin menjadi masjid paling aktif se Desa Blagung. Masjid yang berlokasi di dukuh Poncowidodo RT 30 Desa Blagung ini memiliki kegiatan kajian umum plus angkringan. Lebih dari itu sejumlah MMT sepanjang jalan sektiar masjid berisi ajakan shola dan ibadah yang kekinian patut diacungi jempol. Remasa Masjid Al Ikhlas (Rismal) selaku inisiatornya dapat dicontoh oleh remaja masjid lain baik di Desa Blagung maupun diluar Desa Blagung.

Blagung memang istimewa kan. Memang belum semua keistimewaan di Blagung bisa ditulis. Paling tidak cukup memberikan gambaran. Nah kalau kamu warga Blagung dan ingin masuk daftar seperti beberapa point diatas silahkan kontak kami. Jadilah bagian dari generasi Desa Blagung yang kekinian. Desa Blagung terus bergerak dengan kearifan dan potensi yang ada disetiap titik. Setiap keigiatan atau organisasi secara langsung maupun tidak langsung menjadi mengangkat nama Blagung khsusnya serta Simo dan Boyolali secara umum. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.