Header Ads

Selamat Datang di KarTar Perkab
"KarTar Perkab adalah karang taruna induk yang membina KarTar tingkat dukuh di Desa Blagung"

Menata Organisasi Melalui Edukasi Karang Taruna Kirana Bhakti

Perkab - Pemuda sebagai anggota karang taruna memiliki peran yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Ikut dalam karang taruna berati telah mensukseskan program pemerintah, karena karang taruna adalah orgsnisasi yang diprogramkan oleh pemerintah yakni Kemensos RI yang terantum dalam Peraturan Menteri Sosial RI Nomer 77 / HUK / 2010 yaitu Pedoman Dasar Karang Taruna.
Karang Taruna Kirana Bhakti sebagai salah satu karang taruna tingkat dukuh di Desa Blagung berupaya memberikan pengetahuan tentang karang taruna ke anggotanya dengan mengundang karang taruna Induk yakni KaTar Perkab.

KarTar yang beralamat di Dukuh Krikilan RT 20 dan 21 ini merupakan KarTar pertama yang mengundang KarTar Desa untuk hadir mengisi edukasi.

Hadir pada kumpulan tersebut Sabtu, 1 April 2017 Agung Prasetyo yang merupakan pemateri yang dihadirkan oleh KarTar Perkab.

Materi dasar - dasar karang taruna disampaikan secara gamblang mulai dari apa itu karang taruna, administrasi, cara pendirian, dan program kerja. Sebagai tambahan juga disingung tentang logo karang taruna.

Program kerja yang disampaikan dicontohkan dari kartar yang lain seperti kumpulan rutin, edukasi, olahraga, kerja bakti, membersihkan mushola, malam tirakatan, acara 17an, dan dokumentasi kegiatan.

Karang taruna yang ideal adalah karanh taruna yang sesuai dengan pedoman dasar karang taruna, akan tetapi sebagai organisasi sosial kartar "sudah ada saja itu bagus" jadi dalam menjalankan karang taruna dapat disesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan karang taruna itu sendiri. Terlebih setiao karang taruna dapat berjalan sesuai kearifan lokalnya masing - masing.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.